Ngobrol Jadi Lebih Nyaman Pakai Chatroom Command Migme

3/31/2016

Membuat sebuah chatroom di migme itu sangat mudah, tapi membangun sebuah chatroom tidaklah semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan beberapa tindakan untuk mempertahankan esksistensi sebuah chatroom di migme.

Pertama, dibutuhkan kreativitas dari pengelola chatroom dalam menghadirkan sesuatu yang unik agar bisa menarik hati pengunjung chatroom berdatangan;

Yang kedua, dibutuhkan kekompakan dan komunikasi yang baik antara manager chatroom dengan para moderator sebagai pengelola;

Yang ketiga, yaitu dibutuhkan konsisten untuk tetap online setiap hari. Mau tidak mau sebagai pengelola chatroom kita harus sesering mungkin menyempatkan waktu untuk bisa online;

Yang keempat, dibutuhkan migCredit (migCoins) yang cukup untuk berbagi kebahagian dengan teman-teman kita didalam chatroom. Misalnya, mengirimkan mereka virtual gifts atau membuat sebuah kontes dengan hadiah menarik. Dan yang kelima, berkumpullah dengan orang-orang soleh. :)

Sebenarnya apapun tujuan kita membuat sebuah chatroom di migme, prioritas utama yang harus kita perhatikan adalah kenyamanan dan keamanan partisipan chatroom.

Setuju kan? kamu pasti tidak suka jika sedang seru-seruan ngobrol bareng teman kamu di dalam chatroom, kemudian harus berhadapan dengan pengguna-pengguna usil yang tidak bertanggung jawab?

Nah makanya nih, supaya chatroom yang kamu kelola selalu aman dan terkendali, coba deh gunakan beberapa Chatroom Command di bawah ini.

Mungunci chatroom:
/lock
Membuka kunci chatroom:
/unlock

Keterangan: Setelah command di aktifkan oleh admin atau moderator, pengguna yang berada di luar chatroom tidak dapat masuk ke dalam chatroom sampai command di nonaktifkan atau di unlock.

Mencegah pengguna masuk ke dalam chatroom:
/ban [ID pengguna] [nomor alasan]
Berhenti mecegahan pengguna:
/unban [ID pengguna] [nomor alasan]

Keterangan:
- Nomor alasan mencegah pengguna: 1. Spamming di chatroom, 2. Melakukan flooding di chatroom, 3. Menyalahgunakan aplikasi, 4. Peretas, 5. Penipu.
- Nomor alasan pemberhentian: 1. Berikan kesempatan sekali lagi, 2. Berikan kesempatan terakhir.

Menendang pengguna dari dalam chatroom:
/kick [ID pengguna]

Keterangan: Pengguna yang telah di tendang, tidak dapat lagi masuk ke dalam chatroom selama beberapa jam kemudian.

Membungkam aktivitas obrolan di dalam chatroom:
/silence [jangka waktu dalam detik]
Hentikan pembungkaman di dalam chatroom:
/unsilence

Keterangan: Jangka waktu pembungkaman hanya 10 sampai 600 detik. Setelah command di aktifkan oleh admin dan moderator, semua pengguna tidak dapat mengirim apapun di dalam chatroom sebelum jangka waktu habis atau command di nonaktifkan.

Membungkam seorang pengguna di dalam chatroom:
/silence [ID pengguna] [jangka waktu]
Berhenti membungkam pengguna:
/unsilence [ID pengguna]

Keterangan: Jangka waktu pembungkaman hanya 10 sampai 600 detik. Setelah command di aktifkan oleh admin dan moderator, pengguna yang dibungkam tidak dapat mengirim apapun di dalam chatroom sebelum jangka waktu habis atau command di nonaktifkan.

Melihat daftar riwayat masuk pengguna di dalam chatroom:
/list [jumlah pengguna yang mau ditampilkan]
Menendang pengguna di dalam chatroom melalui daftar riwayat masuk:
/kickindex [nomor urut pengguna di dalam daftar]
Mencegah pengguna melalui daftar riwayat masuk:
/banindex [nomor urut pengguna di dalam daftar] [nomor alasan]


Keterangan: Command /kickindex dan /banindex hanya dapat digunakan setelah command /list.

Mengangkat seorang pengguna menjadi moderator grup:
/mod [ID pengguna]
Urungkan pengangkatan moderator grup:
/unmod [ID pengguna]
Melihat daftar moderator grup:
/mod list

Keterangan: Setelah command di aktifkan, pengguna yang telah diangkat sebagai moderator grup dapat mengelola fitur chatroom dan grup.

Mengeluarkan pengguna selama 4 menit: /bump [ID pengguna]

Keterangan: Pengguna yang telah di keluarkan, tidak dapat masuk ke dalam chatroom selama 4 menit.

Memberi pesan peringatan kepada pengguna:
/warn [ID pengguna] -m [teks pesan]

Keterangan: Pesan peringatan yang di kirim hanya dapat di baca oleh si penerima di dalam chatroom.

Membuat suatu pengumuman di dalam chatroom:
/announce [teks pengumuman] [lama waktu tunda] atau /announce [teks pengumuman]
Menghentikan pengumuman: 
/announce off


Keterangan: Lama waktu tunda hanya sekitar 120 sampai 3600 detik. Pengumuman yang telah dibuat menggunakan waktu tunda akan di sematkan, dan pengumuman akan terus diulangi berdasarkan waktu yang sudah di tentukan. Sedangkan pengumuman yang dibuat tanpa menyisipkan waktu tunda akan di sematkan saja tanpa ada pengulangan.

Mengganti deskripsi chatroom: /description [teks deskripsi]

Keterangan: Setelah menggunakan command ini, deskripsi memang tidak langsung terganti pada saat itu juga. Kamu harus keluar dan masuk kembali ke dalam chatroom untuk melihat itu terganti. Hanya admin dan moderator grup yang dapat menggunakan command ini. 

Mengirim pesan ke beberapa chatroom grup sekaligus:
/broadcast [teks pesan]

Keterangan: Hanya admin dan moderator grup yang dapat menggunakan command ini. Pesan broadcast akan dikirim secara bersamaan ke dalam semua chatroom pada grup yang sama. 

Mengikuti seorang pengguna:
/follow [ID pengguna] atau /f [ID pengguna]
Batal mengikuti pengguna: 
/unfollow [ID pengguna]

Keterangan: Seluruh pengguna dapat menggunakan command ini di dalam chatroom.

Melihat rincian profil pengguna: /whois [ID pengguna]

Keterangan: Jika pengguna tersebut adalah teman kamu maka rincian profil yang ditampilkan berupa Jenis kelamin, Miglevel, Lokasi akun didaftarkan, dan Nama chatroom yang sedang di kunjungi. Sedangkan pengguna yang bukan teman kamu maka rincian Nama chatroom tidak akan ditampilkan. Seluruh pengguna bisa menggunakan command ini. 

Bacalah satu persatu dan simak masing-masing gambarnya agar tidak bingung. Tapi kalau kamu masih bingung juga, jangan ragu untuk bertanya lewat komentar di bawah ya teman.

BACA JUGA: Cara Membuat Chat Room Sendiri Di Migme Lewat Platform Web

Ingat! gunakan Chatroom Command secara hati-hati dan bijak, karena beberapa command seperti /kick, dan /ban sangat sensitif bagi pengguna, sehingga diperlukan pertimbangan yang baik sebelum menggunakannya. Pastikan pengguna yang menjadi target kamu benar-benar melakukan kesalahan dan pantas diberi tindakan tegas.

RELATED POSTS

Previous
Next Post »